Jumat, 22 Oktober 2010

Sedekat Sahabat (Kenangan pas di UKKI Unnes)

Inilah ruangan yang pernah kami jadikan tempat beraktualisasi di dakwah kampus Unnes tahun 2008. Kondisi dulu dan sekarang relative sama, barang-barang yang ada sampai berantakannya he2…, yang sedikit berbeda adalah model penataan ruangan dan jarring-jaring anti nyamuk yang ada dilubang-lubang kini sudah tidak ada. Dulu akh Sapto (kadep KK, sekarang PNS di Kalimantan) yang mengusulkan adanya jarring-jaring tersebut, karena dilatarbelkangi banyaknya nyamuk yang silar-sliwer ketika malam hari. Maklumlah, banyak saluran air di sini. Program kerja awal dulu bersih-bersih secret, termasuk pasang jarring-jaring tadi, kalau tidak ada nyamauk kan malamnya bisa nyenyak.

Dari sini dulu dakwah kampus mencoba kita kendaliakan (kaya Avatar), mulai dari syuro, ngetik-ngetik, design, tidur, guyon-guyon dan lain-lainnya. Berorganisasi di tataran universitas memang lumayan ada perbedaan dengan jurusan dan fakultas yang pernah saya alami, di sini proses diplomasi sangat dibutuhkan.

Bekerja dengan orang-orang “baru” memang harus ada sedikit “melodi” yang berbeda. Dengan karakter fakultas masing-masing menjadi kekhasan sendiri dalam mengelola oraganisasi ini. Keaktifan team pun menjadi tantangan tersendiri, sehingga membutuhkan energy yang berbeda dengan yang dulu. Secara tertulis memang UKKI mempunyai jumlah anggota yang cukup banyak, tetapi realita orang yang bekerja lumayan bertolak belakang. Entah berwal dari mana, memang jumlah pengurus rohis dari tataran jurusan, fakultas, sapai universitas memang bisa dkatakan “gemuk”. Dulu pernah terpikir, “mbok kita pengrusnya efektis saja, ga usah banyak-banyak, yang penting solid dank omit”. Tetapi memang sulit mengubah paradigm tersebut.

Dan masih banyak cerita yang kami alami di sini. Yang pada intilnya adalah, pengalaman ini merupakan hal insyaAllah akan saya kenang . Dan semoga kita bisa dipertemuka kembali…

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mantap mas... ya maklumlah mas sapto kan jurusan IKM, jadinya sering mbuat jaring-jaring kayak gituan.. e sekarang kejaring di kalimantan...

Posting Komentar